Friday, October 17, 2014

TUTORIAL INSTAL LINUX MINT

LINUX sistem operasi yang diciptakan oleh Linus Travold. Berbeda dengan windows, OS Linux banyak sekali versinya karena dikembangkan oleh banyak orang. Linux adalah OS open source sehingga bisa dikembangkan oleh siapa saja. Linux memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan windows. Diantaranya linux tidak akan kena virus, bisa dikembangkan oleh siapa saja, tidak perlu software utility, tidak perlu defragment harddisk dan lainnya.

Banyak sekali versi linux, diantaranya adalah ubuntu, mandriva,  gnome, debian, suse, redhat, turbolinux, dan oracle. Kali ini kita akan membahas cara menginstal linux mint 9.0 Isadora yang merupakan salah satu versi dari Gnome.

1.Masukkan dvd linux atau jalankan dari flashdrive. akan muncul tampilan seperti ini kemudian doube-klik install linux mint.
2.Setelah itu pilih bahasa yang akan digunakan. Umumnya bahasa yang diigunakan adalah bahasa inggris (english). Kemudian klik forward.
3.Setelah itu, pilihlah zona waktu untuk OS. Jika kesulitan mengetik, pilih pada region “Asia”  dan time zone nya “Jakarta” kemudian forward.
4.Pilih jenis keyboard yang digunakan! Secara default, linux akan memilih “USA” yaitu keyboard jenis QWERTY yang umumnya kita gunakan. Cobalah dahulu untuk mengetik pada box yang disediakan sebelum mengklik forward.
5.Inilah hal yang penting! Banyak dari mereka yang melakukan kesalahan disini. Jika anda benar-benar ingin menghapus window dan seluruh data anda, pilih “Erase...” dan klik forward.Tapi jika anda ingin dualboot, pilihlah “SPECIFY” ! kali ini kita menggunakan specify dan klik forward.
6.Pada tahap ini, kita akan menyiapkan partisi untuk sistem dan data. Caranya klik new partition table dan foward.
7.Kemudian klik free space dan klik add.
8.Pastikan type nya primary, size nya saya berikan 6gb (dalam skala 1-8 gb), location nya beginning. Ini yang penting! Pada bagian “use as:” pilih “EXT4 journaling file system” dan mount poinnya adalah “ / “ (slash) saja. Kemudian ok

9.Yang kedua, sama seperti yang pertama. Pada kolom free space kita add kemudian muncul kotak dialog ini. Type nya logical, size nya 2gb (skala 1-8 gb) use as “ext 4....” dan mount pinnya adalah “ /home ” (slash home) kemudian ok.
10.Yang terahir, sama seperti tadi dan setelah muncul tampilan seperti ini, type nya logical, size nya akan terisi sendiri dan use as “SWAP AREA” kemudian ok.
11.Jika langkah-langkah tadi benar, maka tampilan akan seperti ini. Jika berbeda, ulangi lagi dengan cara klik partisi dan delete. Jika sama klik forward.
12.Linux mengharuskan penggunanya mempunyai user dan password untuk keamanan. Tidak seperti windows yang “optional” pada password, dalam linux password adalah sebuah keharusan. Proses bisa dilanjutkan jika semua kotak terceklis seperti pada screenshoot. Klik forward.
13.Pada tahap ini, kliklah instal jika ingin melanjutkan
14.Tahap ini tinggal menunggu saja, linux akan menampilkan slide show.
15.Jika proses instalasi selesai, lakukanlah restart!
16.Setelah restart, anda harus memasukan user dan password untuk masuk ke desktop. Dan pada desktop, icon “install linux mint” akan hilang. Itu berarti proses instalasi sudah sempurna dan linux bisa digunakan sepenuhnya.

No comments:

Post a Comment